JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN UMY SELENGGARAKAN ICONPO

November 15, 2010, oleh: admin Fisipol

Organisasi publik saat ini menjadi salah satu kajian strategis bagi Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (JIP-UMY). Untuk mengembangkan kajian organisasi publik tersebut, JIP-UMY akan menyelenggarakan International Conference on Public Organization (ICONPO) pada 21-22 Januari 2011 yang akan datang di Kampus UMY. Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan UMY,         Dr. Suranto menjelaskan bahwa ICONPO merupakan respon JIP UMY terhadap berbagai permasalahan dan tantangan global yang dihadapi oleh berbagai organisasi publik seperti lembaga pemerintah, BUMN, BUMD, LSM, dan juga ormas, orpol untuk mendapatkan manajemen dan kinerja organisasi publik yang lebih baik dalam era demokrasi. Dekan FISIPOL UMY, Dr. H Achmad Nurmandi menambahkan bahwa konferensi internasional  tersebut menjadi bagian dari upaya internasionalisasi prodi JIP-UMY, yang saat ini telah memiliki Kelas Internasional JIP yaitu International Class of Governmental Study (IGOV).

ICONPO mengangkat berbagai tema yang terkait dengan organisasi publik seperti Perubahan Lingkungan Dan Kolaborasi Dalam Organisasi Publik, Desain Struktur Organisasi Di Era Demokrasi, Perencanaan Dan Pengambilan Keputusan, Manajemen Sumberdaya Manusia, Budaya Dan Etika Organisasi Publik, Kepemimpinan Transformatif, Komunikasi Dalam Organisasi Publik, Dan  Sistem Informasi Manajemen. Konferensi internasional ini memberi nilai tambah bagi berbagai kalangan dan profesi seperti Akademisi, Peneliti, Dosen, Mahasiswa, Praktisi, Birokrat, Politikus, Pengusaha, dan juga Anggota DPR/DPRD.

Dalam ICONPO diharapkan para peserta melakukan eksplorasi tantangan organisasi publik, pengembangan teori dan konsep organisasi publik, pengembangan metode manajemen dalam organisasi publik dan revitalisasi pendekatan dalam organisasi publik. Ketua Panitia, Dr. Ulung Pribadi menegaskan pentingnya konferensi ini karena dalam event berskala internasional ini, para peserta akan terhubung dalam networking organisasi publik internasional. Konferensi ini juga didukung oleh universitas mitra internasional UMY yaitu Korea University dan Thammasat University. Panitia menyediakan website

http://iconpo.org

bagi masyarakat luas dan calon peserta untuk mendapatkan detail informasinya.   Panitia menetapkan 30 November 2010 batas penerimaan abstrak, 05 Desember 2010 pengumuman abstrak yang lolos, dan 15 Desember  2010 adalah batas akhir pengumpulan artikel peserta. Dalam ICONPO tersebut artikel yang terpilih dan memenuhi syarat akan dimuat di Journal of Governmental Studies oleh Korea University.