IP-COS UMY Siapkan Ahli Komunikasi Era 4.0

July 28, 2020, oleh: admin Fisipol

Saat ini kita telah memasuki revolusi industri generasi keempat atau era industri 4.0. Era revolusi industri ini ditandai dengan kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang mengagumkan telah mengubah kehidupan manusia modern.

Tak hanya mempermudah komunikasi antar manusia di berbagai belahan bumi. Teknologi komunikasi dan informasi juga sangat menunjang berbagai pekerjaan kita. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menuntut keterampilan dalam bidang komunikasi, termasuk bidang public relations (PR).

Dunia kehumasan juga harus bertransformasi agar bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi yang ada. Seorang PR tidak gaptek (gagap teknologi), harus mengikuti perkembangan tren dunia. Intinya: terus belajar, memperbarui pengetahuan, keterampilan di bidang teknologi informasi maupun lainnya.

Humas harus bisa memetakan media. Media mana yang sudah beradaptasi dengan era media 4.0 dan mana yang masih bertahan di era 3.0. Dengan begitu ia bisa mengerti kebutuhan setiap media.

International Program of Communication Studies (IP-COS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjawab kebutuhan dan tantangan PR di era 4.0 tersebut dengan menawarkan Program S1 yang unggul. IP-COS UMY menawarkan Konsentrasi Public Relations (PR) termasuk tentang mengelola komunikasi, reputasi, dan hubungan yang harmonis dengan stakeholder internal dan eksternal organisasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Dr. Sukamta, M.T, mengatakan bahwa target IP-COS adalah generasi Z. Mereka memiliki karakteristik: fasih dalam teknologi, senang berinteraksi dengan siapapun, serta ekspresif dan toleran dengan berbagai lingkungan dan budaya. Untuk itu program IP-COS akan mendukung karakteristik generasi Z. Penyediaan teknologi, akses luas jaringan internasional, dan keterampilan bahasa asing ditekankan dalam program IP-COS.

Pengelola IP-COS UMY, Dr. Yeni Rosilawati, S.IP., SE., MM mengatakan bahwa IP-COS UMY menyediakan fasilitas terbaik bagi mahasiswa untuk mendapatkan paparan tingkat internasional. Perkuliahan diadakan di gedung baru pascasarjana, yang memiliki lingkungan dan fasilitas yang baik seperti audio, LCD, dan AC.

Yeni menerangkan lebih lanjut, bahwa IP-COS UMY bekerja sama dengan universitas di dalam dan di luar negeri. Antara lain: Asia University Taiwan, University Sains Malaysia (USM), University of Sains Islam Malaysia (USIM), serta bermitra dengan organisasi lokal dan internasional.

Kelebihan IP-COS UMY lainnya ialah mengadakan pertukaran mahasiswa (student exchange). IP-COS juga didukung dosen yang menguasai kompetensi dan sejalan dengan konsentrasi studi, serta fasilitas belajar mengajar seperti: Laboratorium Hubungan Masyarakat, Laboratorium Negosiasi, Ruang Multimedia dan Co-Working Space.

Untuk pendaftaran, hubungi Biro Admisi UMY di nomor telepon +62-274-387656 Ext. 199 & 200 (hunting). Atau hubungi Bapak Mawardi di nomor telepon 082133405975. Atau bisa akses ke

http://ip-cos.umy.ac.id/

untuk informasi lebih detail tentang IP-COS UMY. (Diakses dari Radar Jogja)

Disunting kembali oleh Admin Fisipol dari artikel:

https://ik.umy.ac.id/ip-cos-umy-siapkan-ahli-komunikasi-era-4-0/