Muria Endah Sokowati, S.IP., M.Si
Data Pribadi |
Nama |
Muria Endah Sokowati |
Nama Panggilan |
Endah |
Tempat, Tanggal Lahir |
Kudus, 30 April 1976 |
Agama |
Islam |
Warganegara |
Indonesia |
Jenis kelamin |
Perempuan |
Pendidikan Terakhir |
Strata 2 Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya |
Ketertarikan dalam keilmuan |
Kajian media |
Alamat |
Jalan Ampel 18 Papringan Yogyakarta 55281 (08164267335) |
Workshop/seminar |
Peserta International Seminar on Media and Culture dengan tema “Localizing The Global: Media, Culture, and Identities in South East Asian Countries”, Universitas Airlangga Surabaya, 3 November 2009 |
Pemakah dengan tema “Women and Moral Degradation in Jamrud Song” dalam International Conference on Metal and Gender, Cologne 8-10 Oktober 2009 |
Pemakalah dengan tema “Hybridity in Kroncong Protol Song” dalam International Conference on Media, Bali 7-9 Mei 2009 |
Pemakalah dengan tema “VIEWERS’ RECEPTION ON ISLAMIC MOVIE” dalam 5th Annual Southeast Asian Cinemas Conference di Ateneo de Manila University, Manila, Philippina, tanggal 18-23 November 2008 |
Pemakalah dengan tema “COUNTER CULTURE IN KNOCKING ON HEAVEN’S DOOR SONG” dalam the 33rd Annual American Studies Association of Turkey Conference, di Bogazicy University, Istanbul, Turki, tanggal 8-10 Oktober 2008 |
Pemakalah dengan tema “Hybridity in Kroncong Protol Song” dalam Inter-Asia Popular Music Study “Globalizing Music Industry in Asia” di Osaka-City University, Osaka, Jepang, tanggal 27-27 Juli 2008 |
Pelatihan Pembuatan Materi Pembelajaran Audio Visual. Puskat, Yogyakarta, Juli 2008 |
Fasilitator dalam Pelatihan Media Literasi (Internet), diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Aisyiyah di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Juli 2008 |
Pemakalah dengan tema “KONSTRUKSI MAKNA LAGU ‘KNOCKING ON HEAVEN’S DOOR’ VERSI FOLK MUSIC DAN REGGAE SEBAGAI BENTUK COUNTER CULTURE” di Universitas Airlangga, Surabaya, tanggal 26 Juni 2008 |
Pembicara dalam acara “Obrolan Malam Mingguan” dengan tema “Media Literasi” yang diselenggarakan oleh Rumah Sinema, 7 Juni 2008 |
Peserta Seminar Rating dalam Industri Periklanan dan Penyiaran, diselenggarakan oleh AGB Nielsen Media Research, Yogyakarta, Maret 2008 |
Fasilitator dalam Pelatihan Presenter, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Cilacap, Februari 2008 |
Peserta Workshop Analisis Opini Publik dalam Kajian Ilmu Komunikasi, diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Komunikasi Indonesia (Aptikom), Surabaya, Februari 2008 |
Fasilitator dalam Pelatihan Media Literasi, diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Aisyiyah di Universitas Muhammadiyah Malang, Januari 2008 |
Fasilitator dalam Workshop Pemanfaatan Internet dalam Pemasaran Industri Kecil, Desember 2007 |
Fasilitator dalam Workshop Manajemen Politikan Marketing dalam Komunikasi Politik Dengan Masyarakat dan Media, diselenggarakan oleh Communication Institute dan DPRD Kabupaten Sragen, Magetan, Desember, 2007 |
Fasilitator dalam Pelatihan Media Literasi, diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Aisyiyah di Yogyakarta, 28-31 Agustus 2007 |
Peserta Workshop Pengembangan Multimedia, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY-Dikti, Yogyakarta, Agustus 2007 |
Peserta Training Audio Visual, Puskat, Yogyakarta, Agustus 2007 |
Pembicara dalam Pelatihan Kehumasan untuk Mahasiswa, diselenggarakan oleh Korps Mahasiswa Komunikasi UMY, Yogyakarta, Juni, 2007 |
Peserta Seminar Branding Perguruan Tinggi, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Yogyakarta, Juli, 2007 |
Peserta Seminar Branding Indonesia, diselenggarakan oleh Jurusan Hubungan Internasional UGM, Yogyakarta, April 2007 |
Peserta Workshop Modul Pembelajaran, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY dan Dikti, November 2006 |
Peserta Workshop Penelitian Deskriptif, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY-Dikti, Yogyakarta, 3-4 April 2006 |
Fasilitator dalam Pelatihan Public Speaking, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Klaten, Februari, 2006 |
Fasilitator dalam Pelatihan Public Speaking, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Pekalongan UMY, Februari 2006 |
Penelitian |
Reception Analysis Penonton Film Fitna Terhadap Citra Islam (Studi Audiens Terhadap Film Fitna ), November 2009 |
Penerimaan Khalayak Terhadap Ide Maskulinitas Dalam Iklan Televisi (Analisis Khalayak Terhadap Iklan-Iklan Televisi Yang Merepresentasikan Ide Maskulinitas), November 2009 |
Reception Penonton Film “Ayat Ayat Cinta” , Oktober 2008 |
Konstruksi khalayak terhadap Islam (Analisis Khalayak Terhadap Citra Negatif Islam di Media-Media Global), Mei 2008 |
Media Habit Untuk Segmen Remaja, (Survey Kebiasaan Mengkonsumsi Media di kalangan Pelajar SMA dan Mahasiswa di Yogyakarta), Maret 2008 |
Konstruksi Makna “Counter Culture” dalam Musik (Analisis Semiotik pada Musik Folk dan Reggae), Januari 2007 |
Riset Metode Pembelajaran dengan judul ”Metode Observasi Langsung Terhadap Aktivitas Komunikasi dalam Cyberspace sebagai Metode Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi”, 2006 |
Hegemonic Masculinity Dalam Iklan Brylcream Hair Gel Antidandruff (Analisis Semiotik Iklan Brylcream Hair Gel Anti Dandruff), Oktober 2004 |
Publikasi |
Hegemonic Masculinity Dalam Iklan Brylcream Hair Gel Antidandruff (Analisis Semiotik Iklan Brylcream Hair Gel Anti Dandruff), Oktober 2004 |
Internet dan Kampanye Kontestan Pemilu, Jurnal Komunikator Vol. 1, No. 1, Mei 2009 |
“Hybridity in Kroncong Protol Song : A Representation of Youth Resistance of Popular Music Mainstream in Indonesia” dalam Media in A Fast-Changing World, Proceedings International Conference, Petra Christian University, Mei 2009, ISBN ; 978-979-19740-0-4 |
“Folk Music dan Reggae sebagai Bentuk Counter Culture (Analisis Semiotik Lagu Knocking On Heaven’s Door versi Folk Music dan Reggae”) dalan Transformasi Industri Media dan Komunikasi di Indonesia, Proceeding Konferensi Nasional Kajian Media dan Komunikasi, Departemen Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya, Januari 2009, ISBN : 978-979-18429-0-7 |
Hegemonic Mascunity Dalam Iklan Brylcream Hair Gel Antidandruff (Analisis Semiotik Iklan Brylcream Hair Gel Anti Dandruff), Jurnal Sosial Politik Volume 14, Nomor 1 Februari 2005 |
Karya tulis |
Hybridity in “Kroncong Protokol” Song, download |
Counter Culture in “Knocking on Heaven Door” Song, download |
“Ayat-ayat Cinta: Religius Movie? (Viewers ” Reception on “Ayat-ayat Cinta”),download |