Muria Endah Sokowati, S.IP., M.Si

April 12, 2010, oleh: admin Fisipol

Data Pribadi

Nama

Muria Endah Sokowati

Nama Panggilan

Endah

Tempat, Tanggal Lahir

Kudus, 30 April 1976

Agama

Islam

Warganegara

Indonesia

Jenis kelamin

Perempuan

Pendidikan Terakhir

Strata 2 Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya

Ketertarikan dalam keilmuan

Kajian media

Alamat

Jalan Ampel 18 Papringan Yogyakarta 55281   (08164267335)

Workshop/seminar

Peserta International Seminar on Media and Culture dengan tema “Localizing The Global: Media, Culture, and Identities in South East Asian Countries”, Universitas Airlangga Surabaya, 3 November 2009
Pemakah dengan tema “Women and Moral Degradation in Jamrud Song” dalam International Conference on Metal and Gender, Cologne 8-10 Oktober 2009
Pemakalah dengan tema “Hybridity in Kroncong Protol Song” dalam International Conference on Media, Bali 7-9 Mei 2009
Pemakalah dengan tema “VIEWERS’ RECEPTION ON ISLAMIC MOVIE” dalam 5th Annual Southeast Asian Cinemas Conference di Ateneo de Manila University, Manila, Philippina, tanggal 18-23 November 2008
Pemakalah dengan tema “COUNTER CULTURE IN KNOCKING ON HEAVEN’S DOOR SONG” dalam the 33rd Annual American Studies Association of Turkey Conference, di Bogazicy University, Istanbul, Turki, tanggal 8-10 Oktober 2008
Pemakalah dengan tema “Hybridity in Kroncong Protol Song” dalam Inter-Asia Popular Music Study “Globalizing Music Industry in Asia” di Osaka-City University, Osaka, Jepang, tanggal 27-27 Juli 2008
Pelatihan Pembuatan Materi Pembelajaran Audio Visual. Puskat, Yogyakarta, Juli 2008
Fasilitator dalam Pelatihan Media Literasi (Internet), diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Aisyiyah di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Juli 2008
Pemakalah dengan tema “KONSTRUKSI MAKNA LAGU ‘KNOCKING ON HEAVEN’S DOOR’ VERSI FOLK MUSIC DAN REGGAE SEBAGAI BENTUK COUNTER CULTURE” di Universitas Airlangga, Surabaya, tanggal 26 Juni 2008
Pembicara dalam acara “Obrolan Malam Mingguan” dengan tema “Media Literasi” yang diselenggarakan oleh Rumah Sinema, 7 Juni 2008
Peserta Seminar Rating dalam Industri Periklanan dan Penyiaran, diselenggarakan oleh AGB Nielsen Media Research, Yogyakarta, Maret 2008
Fasilitator dalam Pelatihan Presenter, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Cilacap, Februari 2008
Peserta Workshop Analisis Opini Publik dalam Kajian Ilmu Komunikasi, diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Komunikasi Indonesia (Aptikom), Surabaya, Februari 2008
Fasilitator dalam Pelatihan Media Literasi, diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Aisyiyah di Universitas Muhammadiyah Malang, Januari 2008
Fasilitator dalam Workshop Pemanfaatan Internet dalam Pemasaran Industri Kecil, Desember 2007
Fasilitator dalam Workshop Manajemen Politikan Marketing dalam Komunikasi Politik Dengan Masyarakat dan Media, diselenggarakan oleh Communication Institute dan DPRD Kabupaten Sragen, Magetan, Desember, 2007
Fasilitator dalam Pelatihan Media Literasi, diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Aisyiyah di Yogyakarta, 28-31 Agustus 2007
Peserta Workshop Pengembangan Multimedia, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY-Dikti, Yogyakarta, Agustus 2007
Peserta Training Audio Visual, Puskat, Yogyakarta, Agustus 2007
Pembicara dalam Pelatihan Kehumasan untuk Mahasiswa, diselenggarakan oleh Korps Mahasiswa Komunikasi UMY, Yogyakarta, Juni, 2007
Peserta Seminar Branding Perguruan Tinggi, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Yogyakarta, Juli, 2007
Peserta Seminar Branding Indonesia, diselenggarakan oleh Jurusan Hubungan Internasional UGM, Yogyakarta, April 2007
Peserta Workshop Modul Pembelajaran, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY dan Dikti, November 2006
Peserta Workshop Penelitian Deskriptif, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY-Dikti, Yogyakarta, 3-4 April 2006
Fasilitator dalam Pelatihan Public Speaking, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Klaten, Februari, 2006
Fasilitator dalam Pelatihan Public Speaking, diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Pekalongan UMY, Februari 2006

Penelitian

Reception Analysis Penonton Film Fitna Terhadap Citra Islam (Studi Audiens Terhadap Film Fitna ), November 2009
Penerimaan Khalayak Terhadap Ide Maskulinitas Dalam Iklan Televisi (Analisis Khalayak Terhadap Iklan-Iklan Televisi Yang Merepresentasikan Ide Maskulinitas), November 2009
Reception Penonton Film “Ayat Ayat Cinta” , Oktober 2008
Konstruksi khalayak terhadap Islam (Analisis Khalayak Terhadap Citra Negatif Islam di Media-Media Global), Mei 2008
Media Habit Untuk Segmen Remaja, (Survey Kebiasaan Mengkonsumsi Media di kalangan Pelajar SMA dan Mahasiswa di Yogyakarta), Maret 2008
Konstruksi Makna “Counter Culture” dalam Musik (Analisis Semiotik pada Musik Folk dan Reggae), Januari 2007
Riset Metode Pembelajaran dengan judul ”Metode Observasi Langsung Terhadap Aktivitas Komunikasi dalam Cyberspace sebagai Metode Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi”, 2006
Hegemonic Masculinity Dalam Iklan Brylcream Hair Gel Antidandruff (Analisis Semiotik Iklan Brylcream Hair Gel Anti Dandruff), Oktober 2004

Publikasi

Hegemonic Masculinity Dalam Iklan Brylcream Hair Gel Antidandruff (Analisis Semiotik Iklan Brylcream Hair Gel Anti Dandruff), Oktober 2004
Internet dan Kampanye Kontestan Pemilu, Jurnal Komunikator Vol. 1, No. 1, Mei 2009
“Hybridity in Kroncong Protol Song : A Representation of Youth Resistance of Popular Music Mainstream in Indonesia” dalam Media in A Fast-Changing World, Proceedings International Conference, Petra Christian University, Mei 2009, ISBN ; 978-979-19740-0-4
“Folk Music dan Reggae sebagai Bentuk Counter Culture (Analisis Semiotik Lagu Knocking On Heaven’s Door versi Folk Music dan Reggae”) dalan Transformasi Industri Media dan Komunikasi di Indonesia, Proceeding Konferensi Nasional Kajian Media dan Komunikasi, Departemen Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya, Januari 2009, ISBN : 978-979-18429-0-7
Hegemonic Mascunity Dalam Iklan Brylcream Hair Gel Antidandruff (Analisis Semiotik Iklan Brylcream Hair Gel Anti Dandruff), Jurnal Sosial Politik Volume 14, Nomor 1 Februari 2005

Karya tulis

Hybridity in “Kroncong Protokol” Song, download
Counter Culture in “Knocking on Heaven Door” Song, download
“Ayat-ayat Cinta: Religius Movie? (Viewers ” Reception on “Ayat-ayat Cinta”),download