Aswad Ishak, S.IP., M.Si

  • AMANAH
    1. Bertanggung jawab kepada dekan.
    2. Menyusun rencana dan program kerja fakultas dalam bidang kemahasiswaan, alumni, promosi, dan kerja sama.
    3. Bertugas membantu dekan dalam mengurus masalah kemahasiswaan maupun alumni.
    4. Bertugas membantu dekan dalam mempromosikan fakultas melalui kerja sama lembaga, baik kerja sama nasional maupun internasional
  • BIODATA

NamaAswad Ishak, S.IP., M.Si
NIK19761030200210163075
NIDN/NUP530107601
Perguruan TinggiUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta
Program StudiIlmu Komunikasi S-1
Jenis KelaminLaki-laki
Jabatan FungsionalAsisten Ahli
Pendidikan TertinggiS-2
Status Ikatan KerjaDosen Tetap
Status AktivitasAktif Mengajar

  • PENDIDIKAN

Tahun LulusJenjangProdiUniversitas
2000S1Ilmu KomunikasiUniversitas Gajah Mada
2010S2Manajemen KomunikasiUniversitas Negeri Surakarta

  • PENELITIAN

No Judul PenelitianTahun
1“Profil Kompetensi Praktisi PR di Berbagai Organisasi dan Perusahaan di Propinsi DIY”2012
2“Kebiasaan Penggunaan Media Baru bagi Pelajar SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta”2013
3“Komunikasi CSR pada Stakeholder: Studi Kasus pada Program CSR Rumah Srikandi PT Sari Husada Yogyakarta”2014
4“Halal Tourism di Mata Stakeholder : Studi Mengenai Pandangan Stakeholder Pariwisata Yogyakarta Tentang Halal Tourism dan Branding Yogyakarta Yang Harus Dilakukan”2018
5“Strategi Branding Destinasi Halal di Yogyakarta”2019
6“Implementasi E Government Humas Pemerintah Dalam Komunikasi Bencana Pada Daerah Rawan Bencana di Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Propinsi Nusa Tenggara Barat, Propinsi Riau, Propinsi Bali dan Propinsi Jawa Timur)2019 - 2021
7“Model Pemberdayaan Untuk Mencapai Perilaku Sehat Reproduksi Pada Remaja”2020

  • PUBLIKASI

NoJudul PublikasiTahun
1“Revitalisasi Public Relations Organisasi Pemerintah dalam Upaya Pencapaian Penguatan Masyarakat” (Kontributor Buku sekaligus editor) dalam “Public Relations & Corporate Social Responsibility”, Maret 2011, Penerbit ASPIKOM – Buku Litera – PERHUMAS BPC Yogyakarta, Yogyakarta2011
2“Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi” (tim editor buku), Maret 2011, Penerbit ASPIKOM – Buku Litera – PERHUMAS BPC Yogyakarta, Yogyakarta2011
3“Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi” (artikel), Jurnal Komunikasi Vol. 1, Nomor 4, Januari 2012, Penerbit ASPIKOM2012
4“Management of Innovation-Diffusion and Campaign Based on Communication Approaches”, Proceedings International Conference On Sustainable Innovation (ICOSI), 19 – 20 Maret 2012, Yogyakarta2012
5“Komunikasi Militer dan Ketahanan Nasional : Membangun Kembali Kedaulatan dan Kepentingan Nassional NKRI” (tim editor buku), Penerbit ASPIKOM – Buku Litera – UPN V Yogyakarta – Universitas Profesor Dr Moestopo Beragama Jakarta, Yogyakarta, Juni 20122012
6“Public Relations Organizations Practice in Public Diversity”, Proceedings International Conference on Media, Communication, and Culture, 7 – 8 Nopember 2012, Yogyakarta2012
7“Komunikasi Pimpinan Pemerintahan untuk Menumbuhkan Partisipasi Masyarakat” (artikel), dalam “Tata Kelola Komunikasi” (buku), Nopember 2014, ISKI, Lombok2014
8 “Komunikasi CSR Program CSR Rumah Srikandi PT Sari Husada Yogyakarta Kepada Stakeholder” (artikel), Jurnal Channel Vol. 3, Nomor 1, April 2015, Penerbit Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan2015
9“Komunikasi dan Isu Publik” (editor), Nopember 2015, Penerbit ASPIKOM – Unika Widya Mandala Surabaya – UK Petra Surabaya – Universitas Muhammadiyah Malang - Buku Litera, Yogyakarta2015
10“The Use of New Media Habit for Muhammadiyah Bantul School Students to Access Religious Information and Disaster”, Proceedings International Conference on Media, Communication, and Culture, 30 Nopember – 2 Desember 2015, Penang-Malaysia2015
11“Corporate Social Responsibility dan Branding” (editor), Maret 2017, Penerbit PERHUMAS BPC Yogyakarta – ASPIKOM – Buku Litera, Yogyakarta2017
12“Perencanaan Event Sembalun Honeymoon Festival Halal Tourism Destination”, Prosiding Konferensi, Ilmu Komunikasi UMY 2019, Yogyakarta2019
13“Implementation of E-Government Public Relations for Disaster Communication”, 16 Agustus 2019, Prosididing AICCoSH Konferensi Internasional, Yogyakarta2019
14“ E-Government of Sleman Regency Government Public Relations in Disaster Communication of Merapi Eruption”, Prosiding Konferensi Internasional WRFASE 21 Nopember 2019, Singapura2019
15Implementasi E-Government Humas Pemerintah Propinsi Riau Dalam Komunikasi Bencana, Jurnal Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau, Vol 9 No 2, Desember 20192019
16 “Community Based Mount Agung Disaster Communication Model through Pasebaya Community”,
17Pandangan Stakeholder Pariwisata Tentang Halal Tourism dan Branding Yogyakarta, Jurnal Ranah Komunikasi Vol 3 Nomor 2 Desember 2019, Jurusan Komunikasi FISIP Universitas Andalas, 2019
18The Role of Public Relations (PR) in Socially Responsible Business, Prosiding ICOSI 2019, UMY 2020, 2019
19Implementation E-Government Public Relations of Disaster Communication in Indonesia (Analysis of Pacitan Regency, Indonesia in The Tsunami Disaster 2017) International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol.24, Issue 09, 2020 ISSN: 1475-71922020