Hari Selasa, 12 Desember 2017 Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY menggelar simulasi ujian skripsi. Program ini merupakan salah satu bentuk kegiatan “Klinik Skripsi” yang telah dibuka sejak tanggal 29 September 2017. Klinik skripsi merupakan langkah inovatif Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas dan mutu skripsi mahasiwa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Klinik skripsi memfasilitasi mahasiswa untuk tidak hanya sekedar mendapatkan referensi, buku, jurnal, dan artikel-artikel yang relevan dengan skripsi para mahasiswa. Namun, diharapkan klinik skripsi dapat menjadi wadah sehingga mampu membawa karya tulis ilmiah bagai mahasisawa tingkat akhir ke tahap yang berkualitas.

Skripsi bisa menjadi media untuk memperdalam, mengasah ketajaman dan pemahaman minat terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Dari situ mahasiswa dilatih menemukan permasalahan, berpikir ilmiah melalui tahapan tahapan penelitian dan tajam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Setelah melaksanakan penelitian mahasiswa dituntut untuk mempertanggung jawabkan hasil temuannya dalam kandungan skripsi melalui ujian skripsi atau ujian pendadaran yang akan dilaksanakan tanggal 15 sampai 19 Desember 2017 mendatang.

Bertempat di Ruang Referensi Program Studi Ilmu Pemerintahan Gedung E-2 Lantai 1. Kegiatan simulasi ujian skripsi yang diikuti oleh 32 mahasiswa yang terbagi menjadi beberapa gelombang dimaksudkan untuk mempersiapkan para mahasiswa yang akan melaksanakan ujian pendadaran, memahami sistematika dan etika ujian skripsi dan memberikan tips-tips serta masukkan jika ada kekurangan dalam skripsi masing-masing peserta. Simulasi ujian skripsi ini diakomodir langsung oleh laboratorium Ilmu Pemerintahan, dengan diarahkan langsung oleh koordinator Lab IP Sakir, S.IP., M.IP dan Muhhamad Eko Atmojo, S.IP., M.IP yang pada kesempatan ini menjadi dewan penguji.

Dari catatan dalam evaluasi untuk beberapa mahasiswa Sakir, S.IP., M.IP menjelaskan bahwa diharapkan peserta simulasi ini untuk belajar dengan sungguh-sungguh mempersiapkan materi dengan matang saat ujian skripsi nanti. “Tampilkan powerpoint yang menarik didukung oleh data-data yang akurat, tampilkan kemampuan terbaik kalian dan harus serius”, jelas Sakir, S.IP., M.IP. Sakir, S.IP., M.IP menegaskan untuk memperhatikan sistematika penulisan karya tulis ilmiah mengacu pada Undang-Undang minimal peraturan yang telah ditetapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena skripsi ini akan di publikasi sebagai acuan kajian keilmuan bahkan akan menjadi referensi bagi adik-adik tingkat yang akan datang.