Belum ada 24 jam sejak Rapat Pleno Fakultas ISIPOL UMY yang diselenggarakan pada hari Jum’at 3 Februari 2012 di Ruang Sidang Fakultas, sudah diambil langkah strategis yaitu dengan menjalankan salah satu agenda rapat salah satunya adalah pengembangan staf administrasif berupa pelatihan. Pelatihan yang diikuti oleh 19 orang staf administratif di lingkungan FISIPOL UMY.

Staf administrasi merupakan Agen Dokumen bagi Program Studi, Fakultas dan juga Universitas dalam rangka Akreditasi Perguruan tinggi maupun Program Studi. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh institusi perguruan tinggi yang akan diakreditasi yang diverifikasi melalui kunjungan para pakar sejawat ke tempat kedudukan perguruan tinggi.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu. Ada juga pengumpulan data oleh badan pemerintah bagi tujuan tertentu, dan survei untuk menentukan peringkat (ranking) perguruan tinggi. Seperti disampaikan oleh Pemateri Dr. Suranto, M.Pol Asesor BAN yang juga Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan dalam Pelatihan Pengisian Borang Akreditasi bagi staf administrasi FISIPOL UMY tadi siang (Sabtu 4 Februari 2012).

Target ke depan adalah menjadi Fakultas bertaraf Internasional. Kelanjutan dari pelatihan itu adalah akan diadakan Pelatihan Korespondensi Berbahasa Inggris dan magang ke luar negeri bagi staf administratif Fakultas yang dipimpinannya. FISIPOL siap-siap Go Internasional, demikian kata Dekan FISIPOL UMY Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. menutup Pelatihan siang tadi.   (Zain@2012)