RDK UMY Gelar Bazar Murah Ramadhan

June 27, 2016 by : admin

WhatsApp-Image-20160625-700x500Ramadhan di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (RDK UMY) kembali menggelar bazar murah Ramadhan untuk 200 orang yang melibatkan masyarakat di sekitar kampus. Agenda rutin yang diadakan setiap bulan Ramadhan tersebut, diselenggarakan langsung oleh takmir masjid KH. Ahmad Dahlan UMY dengan melibatkan aktivis mahasiswa UMY. Untuk mendukung acara bazar tersebut, dibutuhkan kerjasama eksternal untuk menjangkau masyarakat yang berhak mendapatkan bazar murah.

“Sebelumnya kami telah menyebar di beberapa lini dengan menyertakan kupon sebagai syarat mendapatkan sembako murah. Agar mempermudah kami menjangkau warga yang kurang mampu, kami bekerjasama dengan 8 masjid yang ada di sekitaran kampus untuk mendata warganya yang kurang berkecukupan,” papar Joko Lukito, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2013, selaku Ketua RDK UMY saat ditemui di lantai dasar Masjid UMY pada Sab’tu (25/6).

Joko melanjutkan bahwa selain diberikan kepada masyarakat sekitar kampus UMY, sembako yang dijual dengan harga 20 ribu dari harga normal 60 ribu tersebut juga diberikan kepada karyawan UMY, seperti cleaning service. “Bazar murah ini, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat sekitar agar bisa memenuhi kebutuhan pokoknya. Agenda ini juga dapat menjadi salah satu media silaturrahim kepada warga sekitar UMY,” lanjutnya.

Bazar murah yang merupakan agenda rutin RDK tersebut, menurut Joko juga merupakan bagian dari sepuluh rangkaian agenda RDK untuk mengisi kegiatan Ramadhan. Kesepuluh agenda RDK tersebut dilaksanakan sebelum hingga akhir Ramadhan. Diantara agenda yang telah terlaksana yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah pada tanggal 1 hingga 30 Mei 2016, Tabligh Akbar pada 4 Juni, Syiar pin dan stiker pada 4 Juni, kajian pra- Ramadhan pada 30 Mei hingga 2 Juni 2016.

“Sedangkan untuk mengawali Ramadhan kami telah mengadakan Seminar Keislaman pada 9 Juni lalu dengan disambung beberapa rangkaian agenda seperti kajian dan buka bersama di Panti Sosial pada 15 Juni. Untuk tanggal 25 Juni diadakan kajian sore dan buka bersama yang pada paginya bersamaan dengan agenda bazar murah. Selama satu bulan kami mengadakan sahur bersama yang dimulai sejak tanggal 6 hingga 30 Juni, dan bersamaan dengan Khatmil Qur’an. Agenda kami tutup dengan iktikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan ini, yaitu 26 juni hingga 5 juli,” tutup Joko. (hv)

BagikanTweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0