bin adesa

Minggu (04/12/16), anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM FISIPOL UMY) laksanakan  kewajiban bakti masyarakat melalui program Bina Desa di Padukuhan Kadisoro, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disampaikan oleh Zaki Arianto, Wakil Gubernur BEM FISIPOL UMY, pada Minggu (04/12/16) di SD Muhammadiyah Kadisoro I, program ini merupakan bagian dari komitmen BEM FISIPOL UMY untuk dapat memiliki peran nyata dan aktif tidak saja dalam turut membangun dan mengembangkan mahasiswa ditatanan fakultas, namun BEM FISIPOL UMY sebagai organisasi mahasiswa juga harus melaksanakan peran nyata dan aktifnya di lingkungan masyarakat.

“Bagi organisasi mahasiswa, peran sosial masyarakat mengandung muatan amanah kewajiban, khususnya bagi mahasiswa di UMY sebagai generasi yang tidak saja muda dan mendunia, namun juga unggul dan islami. Ada tanggung jawab sosial yang harus kami laksanakan”, tutur Zaki.

Bertempat di SD Muhammadiyah Kadisoro I, agenda Bina Desa yang mengusung tema “Guyub Wargaku, Maju Desaku” dihadiri oleh 62 Warga Padukuhan Kadisoro, Kepala Dusun Kadisoro beserta perangkat, delegasi dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hubungan Internasional, serta Wakil Dekan II Bidang Kemahasiswaan FISIPOL UMY yaitu, Bambang Wahyu Nugroh, M.A. Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan apresiasinya kepada BEM FISIPOL UMY atas kontribusi positifnya dalam menjalankan amanah salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu, pengabdian masyarakat.

“Bina Desa merupakan program kerja dari Dinas Sosial Kemasyarakatan BEM FISIPOL UMY. Kami, memfasilitasi bagi internal anggota BEM FISIPOL UMY atau mahasiswa FISIPOL UMY untuk bersama-sama mengabdikan ilmu dan peran aktifnya secara langsung kepada masyarakat. Mahasiswa harus dapat menjadi pihak yang bisa diharapkan oleh masyarakat dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial”, tutut Dedi Joko Sukma, Ketua Panitia Bina Desa.

Dedi juga menjelaskan bahwa, agenda yang dilaksanakan hari ini, merupakan agenda pembuka dari agenda bina desa yang akan dilaksanakan selanjutnya secara berkesinambuangan di Padukuhan Kadisoro. Bersama dengan Forum Komunikasi Muda Mudi Kadisoro (FKMMK), BEM FISIPOL UMY akan bersinergi dalam mengembangkan potensi yang ada di dusun. Selain itu, keduanya juga akan terlibat kerjasama dalam agenda Yogyakarta Youth Environtment Camp (YYEC) sebagai program selanjutnya dari BEM FISIPOL dalam memfasilitasi pelaksanaan pengabdian sosial masyarakat di Kadisoro yang partisipasinya terbuka secara umum. Program ini juga telah mendapat respon kemitraan dengan Raken Muda  Malaysia dari Universiti Utara Malaysia (UUM). YYEC tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada Bulan Februari tahun mendatang.

BagikanTweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0